Peta Kediri

kediri

kediriPeta Kediri merupakan gambaran atau petunjuk tentang kediri baik dari segi geografis, sosial, budaya, keamanan  dan ekonominya.  Dari segi geografis, kediri merupakan daerah kota dan kabupaten yang berbatasan dengan lima kabupaten, yakni Blitar, Tulungagung, Nganjuk, Jombang dan Malang.

Peta kediri dari segi sosial, masyarakat kediri itu lebih banyak yang tinggal di daerah pedesaan karena akibat luasnya wilayah kediri. Sementara wilayah kediri yang masuk dalam kategori kota sangat sedikit dan sempit. Warga kediri dipedesaan rata-rata bekerja sebagai petani dan buruh tani sebagai warga kelas menengah kebawah, sementara warga yang berada di kediri perkotaan sudah banyak perkembangan dalam sosialnya yang juga sebagai bentuk sebab akibat dari kemajuan ekonomi.

Peta secara ekonomi, warga kediri masih banyak yang bergantung hidupnya sebagai petani dan buruh tani tinggal di pedesaan. Sementara itu juga banyaj warga yang kini melakukan urbanisasi ke wilayah kediri perkotaan yang bekerja di bidang perdagangan dan jasa. Bahkan tidak sedikit warga yang kini mulai memberanikan diri membangun ekonomi mandiri meski hanya melalui berjualan kecil-kecilan baik dalam bentuk pedagang kaki lima maupun yang menetap dengan sewa tempat.

Dari peta segi keamanan, kediri terdapat dua markas kepolisian, yakni Polres Kediri kota dan Polres Kediri. Dalam tahun 2013 ini, ada pergeseran wilayah kerja kepolisian di 5 sektor kediri barat. Yakni sektor Mojo, Sektor Semen, Sektor Banyakan,Sektor Grogol dan Sektor Tarokan. Sebelumnya ke lima sektor termasuk dalam wilayah kerja Polres Kediri karena masuk dalam wilayak Kabupaten Kediri, tetapi kini digeser menjadi wilayah kerja dari Polres Kediri Kota meskipun ke lima wilayah tersebut masuk dalam wilayah kabupaten kediri.

Pergeseran ini untuk mempermudah warga kediri dalam memperoleh pelayanan dari pihak Kepolisian terkait dengan urusan keamanan maupun adminitrasi lainnya yang terkait dengan kepolisian. Pergeseran ke lima sektor sempat menimbulkan polemik di wilayah kabupaten kediri, dimana pihak Pemerintah Kabupaten Kediri merasa keberatan dengan pergeseran tersebut. Bahkan sempat terjadi aksi penolakan oleh DPRD Kabupaten kediri ke Polda Jawa timur. Selain itu, juga pernah ada upaya pengornanisiran tanda tangan warga untuk menolak penggeseran ke lima sektor kepolisian masuk ke dalam wilayah Polres Kediri Kota.

Dari peta segi budaya, kediri memiliki kebudayaan khas salah satunya kesenian jaranan yang merupakan sejarah yang terkait dengan kesenian reog ponorogo. Selain itu, di kediri juga banyak ditemukan situs-situs peninggalan kerajaan yang juga menggambarkan peradaban budaya pada masa kerajaan baik kediri maupun majapahit.

Peninggalan yang kini banyak terlihat adalah di wilayah kabupaten kecamatan Pamenang yang terdapat tempat petilasan Sri Aji Joyoboyo raja kerajaan kediri yang termasyhur dengan ramalannya. Dimana di sekitar petilasan Sri Aji Joyoboyo juga banyak ditemukan situs-situs kuno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>