Pengajuan Lambat, Ribuan Guru Ngaplo

Tunjangan Profesi Guru 2012 Menguap

Tulungagung, Memo

Sebanyak 5.316 guru di Kabupaten dipastikan tidak bisa menikmati tunjangan profesi guru (TPG) untuk bulan November dan Desember 2012 pada tahun ini. Karena Kementrian Keuangan Republik Indonesia baru akan mencairkan kekurangan TPG sebesar Rp 34 miliar tahun 2014 mendatang.

Karena pengajuan kekurangan dana tersebut terlambat. Mestinya, pengajuan dilakukan pada bulan Oktoberr 2012. Pemerintah Kabupaten Tulungagung baru mengajukan 28 Januari 2013.

Keterlambatan pengajuan bisa diliat surat balasan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan  RI nomor 118/C5.1/1.1/2013 tertanggal 28 Februari 2013.

Dalam surat yang ditujukan ke bupati Tulungagung menjelaskan bahwa, kemendikbud RI tidak bisa mengalokasikan kekurangan TPG Rp 34 miliar pada tahun 2013, apabila pengajukan itu belum dilaporkan ke Kemendikbud bulan Oktober 2012. Karena penganggaran 2012 ditutup pada bulan Oktober.

“Sesuai dengan surat dari kemendikbud. Kekurangan baru dianggarakan pada tahun 2014,”ujar Kepala Dinas Pendidikan Eko Asistono kemarin.

Meskipun demikian, Pemkab  sudah mengirim surat ke Kemendikbud lagi untuk mencairkan kekurangan TPG itu. Akan tetapi, hingga sekarang belum ada balasan dan kejelasan. Sementara, Pemkab sendiri tidak mungkin menalangi kekurangan itu.

Dinas Pendidikan, lanjut Eko Asistono, juga was-was terhadap ancaman para guru. Informasi yang berkembang, belum dibayarnya kekurangan TPG akan berdampak kepada kurang maksimalnya kinerja para guru. Apalagi ini, siswa SD mau menghadapi ujian nasional.

Terpisah, ketua komisi A Suwito mengatakan pihaknya akan hearing dengan SKPD terkait masalah kekurangan TPG itu. Pemkab memang belum memberikan win win solusi.

“Kita akan agendakan hearing dalam waktu dekat,”ujarnya.

Ketua PGRI Suharno meminta Pemkab harus segera mangambil langkah-langkah terkait masalah itu. Karena TPG merupakan hak masing-masing guru.

Seperti yang diketahui, pagu dari pemerintah pusat tahun 2012 sebesar Rp 176,6 miliar untuk alokasi 5.742 guru. Jadi kekurangan untuk TPG bulan November-Desember 2012 sebesar 34 miliar untuk 5.316 orang. (JB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>