Mapenda kab kediri

Kata mapenda kab kediri banyak dicari orang dalam google saat pengumuman daftar para guru  bekerja di bawah jajaran kementerian agama kabupaten kediri  yang masuk dalam sertifikasi guru. Ribuan guru RA, Madrasah Ibtidaiyah, madrasah Tsanawiyah dan Mdrasah Aliyah bersaing untuk dalam lolos program sertifikasi guru.

Sebelum pengumuman sertifikasi, ribuan guru mencari data-data persyaratan mengikuti program sertifikasi guru. Sertifikasi guru ini sendiri adalah sebuah upaya dari pemerintah untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam dunia pendidikan. Namun dalam perkembangannya, sertifikasi guru ini malah disalah pahami oleh guru-guru yang berusaha bisa lolos masuk dalam sertifikasi tersebut. Banyak guru yang ingin masuk dalam program sertifikasi hanya karena ingin gajinya meningkat, penghasilan meningkat yang berasal dari program sertifikasi.

Gaji guru yang lolos sertifikasi bisa mencapai minimal Rp.2 juta dimana ini sangat menggiurkan bagi seorang guru. Namun dalam kenyataannya, banyak guru lolos sertifikasi yang tidak memperdulikan lagi dengan keporfesionalan guru, sertifikasi hanya dipandang untuk menuju peningkatan kesejahteraan ekonomi bagu guru itu sendiri. Sementara peningkatan mutu bukan menjadi prioritas bagi guru tersebut.

 

Mapenda itu sendiri adalah Seksi Madrasah dan Pendidikan Islam pada Sekolah Umum (MAPENDA) merupakan salah satu seksi pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten. Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi dan Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota Pasal 93 memberikan tugas kepada Seksi Madrasah dan Pendidikan Islam pada Sekolah Umum untuk melakukan pelayanan dan bimbingan bidang kurikulum, ketenagaan dan kesiswaan, sarana, kelembagaan dan ketatalaksanaan serta supervisi dan evaluasi pada Raudlatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Pendidikan Islam pada pra sekolah, sekolah umum tingkat dasar dan menengah pertama Sekolah Luar Biasa. Selain pembinaan, mapenda juga dinilai sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas mutu dari pendidikan di suatu wilayah tersebut.

Mapenda kementerian agama Kabupaten kediri itu berada di desa sukorejo kecamatan Ngasem kabupaten kediri, yakni dari kantor kabupaten kediri ke arah utara sekitar 500 meter dengan menyusuri jalan pamenang. Kantor mapenda berada tepat bersampingan bangunan milik PCNU kabupaten kediri yang digunakan sebagai kantor PKB.

Mapenda kabupaten kediri membawahi sekolah-sekolah yang berada di wilayah kabupaten mulai sekitar perkotaan hingga ke pelosok di pegunungan-pegunungan, yakni gunung kelud, gunung wilis dan gunung klotok. Sekolah sekolah yang ada di pelosok inilah yang sebenarnya harus menjadi prioritas mapenda untuk memperhatikan dan meningkatkan mutu pendidikan agama di sekolah tersebut.

Mapenda kabupaten kediri diharuskan lebih memperhatikan lembaga sekolah di daerah pelosok, karena daerah pelosok kurang tersentuh bantuan-bantuan. Guru yang ada di pelosok itu juga sangat memprihatinkan dari kesejahteraannya. Bila guru kurang sejahtera, hal ini juga akan berpengaruh pada pendidikan yang ada di lembaganya, karena guru kurang fokus dalam memberikan pendidikan.

Harus ada program khusus dari Mapenda untuk percepatan perbaikan mutu pendidikan di daerah pelosok pegunungan, karena tantangan di pelosok sangat luar biasa. Tidak hanya letak yang jauh dari perkotaan, tetapi tantangan medan akses jalan untuk menuju ke lokasi sekolah tersebut. Banyak akses jalan yang tergolong berat untuk dilalui, selain menanjak, jalan tersebut banyak yang rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>