Baru Dibuka, Formulir Jalur Mandiri Habis

PPDB off line (17)

Tulungagung, Memo
Penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur mandiri ( off line)  dimulai pada hari Senin (24/6) pukul 08.00,  Namun ternyata tak semua calon siswa baru bisa mendaftar.

PPDB off line (17)Seperti yang terjadi di SMPN 1 Tulungagung. Karena  sebagian pendaftar harus gigit jari lantaran formulir pendaftaran habis. Hal itu tentunya membuat pendaftar kecewa. Belum diketahui apakah ada permainan dalam memenuhi kuota 30 persen khusus peserta didik dari keluarga miskin dan prestasi itu?
Di lokasi kejadian formulir sudah habis sekitar pukul 11.30. Panitia lantas memasang pengumuman yang ditempelkan di gerbang sekolah. pengumuman juga ditempel di ruang reseptionis yang menjadi lokasi loket pendaftaran.
Sugiono (40) salah satu wali murid yang mendaftarkan anaknya mengaku kecewa formulir sudah habis. Padahal jadwal PDB jalur off line masih berjalan hingga Kamis (27/6) mendatang.
“Ternyata hari pertama sudah habis dan tidak bisa mendaftar lagi melalui jalur off line,”katanya.
Lanjut Sugiono  dirinya sudah menanyakan ke panitia, namun tetap tidak bisa. Pihak sekolah mengarahkan untuk mesuk ke jalur on line pada 1 Juli mendatang,
“Jalur off line itu kabarnya bisa untuk siswa miskin seperti saya, tapi ketika baru  mendaftar sudah tidak bisa lantaran formulir habis,” katanya.
Humas SMP Negeri 1 Tulungagung Bambang mengatakan,  pihak sekolah beralasan penutupan tersebut karena kuota PPDB mandiri sudah terpenuhi. Pendaftar lantas diarahkan mendaftar memalui jalur on line menggunakan seleksi nilai ujian nasional (NUN).
“Kuota pagi memang sudah terpenuhi yakni 30 persen dari pagu. Hal itu sudah  sesuai ketentuan dari dinas pendidikan (Dispendik),”katanya.
Dia membantah jika calon siswa baru sudah tidak bisa mendaftar ke SMPN 1 Tulungagung. sebab, masih ada jalur lain yang bisa digunakan yakni on line.
“Untuk selanjutnya kami arahkan bisa mandaftar melalui on line yang lebih banyak kuotanya. Namun kami juga tidak memaksa calon pendaftar,”jelasnya.

Waka kesiswaan SMAN 1 Kedungwaru Agung Ismiharto mengatakan bahwa PPDB off line juga terlihat di tingkat SMA. Seperti di SMAN 1 Kedungwaru. Namun di sekolah itu, formulir masih tersedia hingga waktu habis sekitar pukul 14.00. bahkan untuk memudahkan pendaftar, panitia membagi sesuai jalur masing-masing.
Di antaranya siswa miskin, prestasi dan kemaslahatan. Setiap jalur itu memilik format formulir berbeda.
Meski jalur off line, pihak sekolah tetap melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Salah satunya surve langsung ke rumah siswa yang masuk termasuk miskin. Tujuannya agar tidak terjadi kesalah pahaman yang bisa merugikan pendaftar lainnya.
Untuk jalur prestasi, panitia juga menyeleksi ketat salah satunya valid tidaknya piagam yang menjadi bukti prestasi. Panitia lebih mengutamakan prestasi resmi dari dinas pendidikan.
“Kami tetap lakukan validasi. Dan itu berlaku untuk semua pendaftar. Penentuan penerimaan jalur off line juga kami koordinasikan dengan Dispendik Tulungagung,”katanya.(Dik).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>